Rumah Jenderal Dikepung

Kisah Kuda Raja Dangdut di Tanah Sengketa

VIVAnews - Tanah sengketa yang membelit Brigadir Jenderal Purnawirawan Herman Sarens Sudiro ternyata pernah menjadi lokasi pemeliharaan kuda, berikut dengan istalnya. Selain kuda Herman, ada juga mereka yang menyewa istal itu untuk memelihara kudanya.

"Raja dangdut (Rhoma Irama) juga dulu punya kuda yang dipelihara di sini," kata Ridwan, tetangga lokasi tanah sengketa Herman di Warung Buncit, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Januari 2010.

Di atas tanah seluas sekitar tiga hektar itu pernah dibangun istal kuda milik Herman. Lokasinya di Jalan Warung Buncit Raya 301, Duren Tiga, Mampang, Jakarta Selatan.

Menurut Ridwan, dulu saat mencapai 'masa jaya' sekitar tahun 1980, istal kuda itu dipenuhi banyak kuda. Jumlahnya bahkan mencapai sekitar 200 ekor kuda.

"Dulu beberapa keluarga Cendana juga berlatih kuda di tempat ini. Dulu Dani Rukmana saat masih kecil (cucu mantan Presiden Soeharto) sering latihan kuda di tempat ini," ujar Ridwan.

Tapi pada pertengahan tahun 1997 aktivitas di lokasi ini berhenti. Dan area ini pun ditutup. "Tidak lama setelah ditutup, dipasang tanda "Tanah Milik Mabes TNI". Tapi sekarang plang itu udah dicabut" ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, sebelum 1997 pernah ada ricuh di lokasi ini. Saat masih ada aktivitas, sejumlah angota TNI datang datang untuk meminta agar lokasi ini ditutup.

Tapi lokasi ini baru mulai ditutup pada tahun 1997. Sejumlah bangunan istal pun saat ini telah rata dengan tanah. Yang tersisa hanya sejumlah bangunan. Diantaranya bangunan kumuh Sport Hall untuk latihan bulu tangkis di sisi kiri lahan.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Herman Sarens Sudiro ditengarai melakukan penggelapan aset TNI.

Penggelapan dana itu diduga dilakukan saat Herman menjabat Komandan Korps Markas Pertahanan Keamanan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Hankam ABRI) pada 1970-an.

"Ada dugaan penyalahgunaan wewenang terkait aset negara di lingkungan TNI yang merugikan negara," ungkap Sagom Tamboen kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 18 Januari 2010.

ismoko.widjaya@vivanews.com

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?
Chicco Jerikho

Cerita Chicco Jerikho yang Berjuang Hidup dan Mati Sampai Titip Pesan Untuk Anak dan Istrinya

Diungkap Chicco Jerikho, pihak dokter juga mengungkap bahwa orang yang didiagnosis dengan sepsis memiliki survival rate rendah

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024