Generasi Muda Harus Tampil di NU

VIVAnews - Salah satu calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ulil Abshar Abdalla menilai semangat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur harus terus dihembuskan dalam tubuh NU. Oleh karena itu, Ulil menilai NU harus dipimpin generasi muda yang pernah diajar Gus Dur.

"Itu adalah generasi saya yang dulu pernah diajar Gus Dur," kata Ulil kepada wartawan, Kamis 21 Januari 2010. Dia menambahkan jika NU tidak dipimpin orang yang mewakili gagasan Gus Dur, reputasi PBNU sebagai organisasi Islam moderat akan riskan.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Dia mengatakan Gus Dur yang telah wafat akhir tahun lalu menjadi Ketua Umum PBNU pada usia 40an. Selama 15 tahun, Gus Dur meletakkan dasar-dasar gagasannya. "Sehingga tantangan NU sekarang adalah dan menerjemahkan gagasan Gus Dur dalam program yang konkret," tegasnya.

Meski demikian, Ulil menilai generasi Gus Dur pun tetap harus eksis di NU. Namun, dia tetap menilai sudah saatnya NU dipimpin kaum muda.

Ulil akan bertarung dengan senior NU, yakni Solahudin Wahid atau Gus Solah dan Masdar Farid Mas'udi.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024