Perdagangan Bebas Asean-China

Lampu China Dibandrol Hanya Rp 9 Ribu

VIVAnews - Lampu impor asal China dibandrol hanya Rp 9 ribu per unit di Indonesia. Perhitungan tersebut disampaikan oleh Ketua Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia John Manoppo.

"Harga lampu impor itu sekitar US$70-80 sen per unit atau kalau dikonversikan ke rupiah jadi Rp 6-7 ribu per unit, ditambah dengan biaya pengapalan bisa jadi sekitar Rp 9 ribu per unit," kata John di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2010.

Padahal, dia menambahkan, harga rata-rata nasional lampu di Indonesia sudah berkisar Rp 15 ribu per unit. "Kalau mereka (importir) jual dengan harga Rp 15 ribu saja, untungnya sudah 50 persen," ujar John.

Banjir impor lampu China, kata John, mulai terasa pada bulan Maret dan akan memuncak pada bulan April 2010. "Impor pada bulan Februari, seperti tren tahunan mulai menurun karena ada Imlek. Jadi, mulai masuk pada Maret dan April akan membanjir," tuturnya.

John memperkirakan, impor lampu China akan melebihi realisasi impor 2009, yang mencapai 135,5 juta unit. Sementara itu, konsumsi lampu di Indonesia mencapai 300 juta unit.

Dengan banjirnya impor pada April 2010, dia memperkirakan otoritas pelabuhan akan kewalahan menangani barang masuk dan akibatnya pengawasan berpotensi berkurang.

"Takutnya, main masuk-masukin saja terus pengawasannya berkurang," kata dia.

antique.putra@vivanews.com

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United
Politisi DPP PKB, Daniel Johan

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Ketua DPP BERANI, Lorens Manuputty menyoroti tiga krisis yang terjadi di Indonesia saat pelantikan tersebut. Menurut dia, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis yang

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024