Ruhut Bangga dengan Kaos Garuda Armani

VIVAnews - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengaku bangga dengan kabar bahwa rumah desain Armani Exchange menggunakan gambar mirip Garuda Pancasila di salah satu kaos mereka.

"Kalau betul itu ada, aku bangga. Karya para pendiri bangsa kita diakui dunia internasional," kata Ruhut kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 26 Januari 2010.

Namun Ruhut juga meminta agar pemerintah menegur pihak Armani Exchange. Alasannya, Garuda Pancasila sudah dikenal sebagai lambang Indonesia. "Perlu disampaikan bahwa itu lambang sah sebuah negara besar yaitu Indonesia, ya kita-kita," ujar dia.

Kaos bergambar mirip Garuda mulai ramai diperbincangkan di sejumlah forum di Indonesia, awal pekan ini. Pihak Armani Exchange sendiri menyatakan bahwa gambar burung Garuda yang melekat pada kaos itu adalah burung elang versi militer.

Kemiripan elang militer Armani dengan Garuda bukan hanya di segi bentuk, namun juga detailnya. Dua burung itu sama-sama memiliki 17 bulu di sayap, delapan bulu ekor, dan total 45 bulu di badan.

Selain bulu, perisai di dada elang Armani juga mengingatkan pada perisai yang ada di Burung Garuda. Gambar kepala banteng dan pohon beringin tidak ada pada model kaos milik Armani berganti menjadi huruf X dan A.

Sementara gambar padi dan kapas yang melekat pada model kaos masih terlihat samar-samar. Gambar bintang segi lima dipertahankan Armani.

Lambang elang pada bagian depan kaos, juga menghadap ke arah yang sama seperti lambang resmi negara Indonesia. Namun elang di bagian belakang kaos, menghadap posisi sebaliknya.

Kaos disediakan dalam tiga warna yaitu putih, hitam, dan biru tua. Gambar dicetak dalam bentuk sablon timbul. Bahan yang digunakan adalah 100 persen katun dan berukuran pas badan.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Kini, kaos bergambar mirip Garuda Pancasila itu telah hilang dari laman resmi Armani Exchange, pada Selasa, 26 Januari 2010, pagi. Belum diketahui apakah pihak Armani Exchange menarik desain tersebut.

Laman Armani Exchange mengatakan bahwa halaman yang diminta sudah tidak ada. Mereka mempersilahkan pengunjung untuk memilih barang serupa dengan kaos "Elang Militer' yang dicari.

Armani Exchange adalah salah satu lini produk perancang Italia, Giorgio Armani. Ia didirikan pada 1991 di Amerika Serikat dengan pangsa pasar kaum muda.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Divisi Humas Polri menggelar buka puasa bersama wartawan

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Divisi Humas Polri bersama wartawan menggelar acara buka puasa bersama di kantor Divisi Humas Polri pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024