Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Gaji Presiden Harus Lebih dari Gubernur BI

VIVAnews - Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat akan meminta penjelasan Menteri Keuangan perihal bagaimana sistem pengkajian pejabat negara yang akan diterbitkan.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Berapa besarnya alokasi untuk remunerasi itu juga akan dipertanyakan saat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan mendatang.

Ketua Badan Anggaran Harry Azhar Aziz mengatakan, Dewan sampai saat ini tidak mengetahui, bagaimana sistem penggajian yang terjadi.

"Bagus kalau, Pemerintah sudah menyadari adanya kepantasan dalam penggajian. Saya sudah minta Pemerintah lebih transparan," ujar Harry saat dihubungi VIVAnews, Jumat 5 Februari 2010.

Harapan dewan adalah, gaji pejabat yang sudah tinggi agar tidak naik terlalu tinggi, sehingga gap dengan pegawai di bawahnya tidak terlalu besar.

Sementara itu untuk skala nasional dalam konteks ketatanegaraan maupun kelembagaan, diharapkan orang yang bergaji paling tinggi di negeri ini adalah Presiden dan Wakil Presiden.

"Sekarang kan tidak. Justru gaji Gubernur BI melebihi gaji Presiden," ujar dia.

Harry berpandangan, saat ini perlu undang-undang baru yang mengatur sistem penggajian, karena pada intinya semua adalah lembaga publik. Sehingga adanya suaru acuan ini, antara lembaga yang satu dengan yang lain tidak saling timpang.

hadi.suprapto@vivanews.com

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Baca Juga

Inilah Tempat Makan Paling Maknyus di Jakarta

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Ayo Ngobrol dengan Wakil Anda di Senayan

Segala Hal Tentang PIALA DUNIA 2010

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024