Cegah Varises dengan Latih Otot Kaki

VIVAnews - Banyak wanita mendambakan kaki mulus tanpa varises. Demi mewujudkannya, mereka seringkali menjadi takut melakukan aktivitas olahraga yang melibatkan otot kaki. Mereka khawatir akan memicu dan memperburuk masalah varises di kaki.

Padahal dengan gerakan yang tepat justru akan memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah terbentuknya varises. Olahraga yang baik bagi penderita varises atau pencegahannya antara lain, berenang, berjalan, bersepeda, joging, dan, aerobik.

Berikut ini beberapa latihan untuk meningkatkan kekuatan kaki dan otot, meningkatkan sirkulasi darah, serta membantu mencegah dan mengurangi varises,

#1 Peregangan tungkai
Manfaatkan tempat stabil seperti tangga. Berdiri di anak tangga dengan tumpuan telapak kaki bagian depan. Angkat badan, lalu perlahan turunkan tumit atau telapak kaki bagian belakang ke anak tangga di bawahnya. Pose ini seperti menyandarkan telapak kaki di dinding antaranak tangga.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Berpeganglah ke dinding atau pegangan tangga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak 40 kali. Latihan ini berfungsi meregangkan bagian belakang otot betis.

#2 Mengayuh
Berbaring di lantai dengan tangan di belakang atau di bawah pantat. Angkat kaki dari lantai dan lakukan gerakan mengayuh, seolah-olah Anda sedang naik sepeda. Jika Anda memegang kaki bagian bawah, gerakan ini juga mengencangkan otot perut.

#3 Berjalan dengan ujung kaki
Saat berjalan di sekitar rumah, cobalah berjalan menggunakan ujung jari kaki (tip toe-ing). Latihan ini meregangkan otot betis.

#4 Menggunakan sepatu hak
Sambil membersihkan rumah, lakukan gerakan sederhana yang efektif membentuk kekuatan otot betis. Berjalanlah menggunakan sepatu berhak selama beberapa waktu.

#5 Mengangkat kaki
Berbaring di lantai dengan tangan di sisi tubuh atau di bawah pantat. Tekan punggung bawah dan pantat ke lantai. Angkat satu kaki lurus agar tetap tegak lurus ke lantai. Tahan pose ini selama Anda bisa lalu letakkan kaki ke bawah. Ulangi gerakan dengan kaki yang lain. Latihan ini meningkatkan sirkulasi darah di kaki.

#6 Menekuk lutut

Berbaring di lantai. Tarik satu lutut ke dada Anda, dan pegang kaki di belakang lutut. Saat dalam posisi ini, lenturkan kaki. Gerakan harus dilakukan secara perlahan dan tegas dalam beberapa kali hitungan. Lakukan gerakan yang sama pada kaki satunya. Latihan ini membuat otot-otot seluruh kaki bekerja.

#7 Beristirahat setelah latihan otot kaki
Untuk mencegah dan mengurangi varises setelah olahraga yang melibatkan otot kaki, cobalah berjalan santai atau berdiri beberapa saat. Anda juga bisa melakukan gerakan berbaring di lantai dengan pantat hampir menyentuh dinding. Lalu, angkat kaki tinggi-tinggi dan sandarkan ke dinding. Gerakan ini memberikan istirahat yang cukup bagi kaki Anda.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024