Kejahatan Dunia Maya

Microsoft - Nigeria Berantas Spam Lewat Lagu

VIVAnews - Nigeria dan perusahaan piranti lunak Microsoft merilis sebuah lagu dan video untuk mencegah keterlibatan orang dalam kejahatan cyber. Lagu berjudul "Maga need no pay" tersebut diproduksi Internet Safety Security and Privacy Initiative Microsoft untuk Nigeria. Dalam bahasa Nigeria, "Maga" berarti 'korban'.

Seperti dikutip dari laman PC World, 5 Februari 2010, lagu tersebut juga merujuk pada istilah slang "yahoo-yahoo" untuk penipuan yang disebut advance free fraud (AFF).

Penipuan AFF antara lain melibatkan surat atau email yang dikirimkan ke korban baik yang dipilih secara acak maupun yang sudah dijadikan target. Penipuan itu dilakukan antara lain dengan meminta penerima email mengirimkan uang dengan janji akan memperoleh jumlah lebih besar nantinya.

Komisi Kejahatan Fiansial dan Ekonomi Nigeria (EFCC) telah meningkatkan upaya mereka untuk mengakhiri penipuan-penipuan tersebut. Namun jumlah penipu sangat banyak dan sangat terorganisir. Anggota Unit Kejahatan Digital Microsoft pekan ini bertemu di Abuja, Nigeria, dengan pihak EFCC untuk mencari cara memerangi kejahatan tersebut di Afrika barat.

“Penipuan telah berakar di kebudayaan populer Nigeria,” kata Tim Cranton, penasehat umum Microsoft dalam blog perusahaan. “Penipu-penipu itu menikmati pemberontakan, mistik, bahkan memproduksi lagu dan video musik untuk merayakan keberanian mereka,” lanjut Cranton.

Microsoft dan perusahaan internet terkemuka lain ikut memiliki ketertarikan menangani penipuan AFF beberapa tahun belakangan. Lirik lagu dalam bahasa Inggris tersebut menggambarkan bahwa adapekerjaan yang dilakukan dengan jujur menimbulkan rasa bangga.

Selain itu, AFF dan kejahatan cyber lain mencoreng nama negara Nigeria. “Saya tidak perlu maga, yang diperlukan hanya kerja keras,” dendang artis Nigeria-Amerika, Banky W.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto
Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024