Body Painting, Sebuah Ekspresi Cinta

SURABAYA POST -- Cinta dapat dimaknai dari berbagai sudut pandang dan diekspresikan dalam berbagai ungkapan. Inilah yang ingin disampaikan Jurusan Seni Rupa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya dalam pameran Expression of Love di House of Sampoerna.

Sebanyak 36 orang mulai dari mahasiswa, dosen hingga alumnus memamerkan karya mereka dalam pameran yang digelar mulai 12 Februari hingga 14 Maret mendatang. Karya yang dihasilkan merupakan kejujuran hati perupa dalam mengekspresikan rasa cinta mereka.

Pameran dibuka dengan demo body painting dari mahasiswa dan alumnus STKW di pelataran House of Sampoerna Beragam ekspresi pun mereka tuangkan melalui pulasan kuas dan komposisi warna. Enam model yang dijadikan medium melukis adalah mahasiswa Jurusan Seni Tari STKW sendiri.

Lukisan yang dihasilkan sebagian besar berbentuk abstrak. Tidak ada pakem tertentu yang diangkat para pelukis body painting saat melakukan demo. Mereka menuangkan begitu saja apa yang ada dalam pikiran saat itu. “Konsepnya bisa dikatakan tanpa konsep. Semua mengalir begitu saja tanpa dirancang lebih dulu,” kata Asmuliawan ‘Bogel’, salah satu alumnus yang turut dalam demo body painting.

Meski tidak masuk dalam pameran, demo body painting diangkat karena di Surabaya masih minim peminat untuk seni yang satu ini. Selain sepi peminat, respon terhadap seni body painting juga kurang.

“Padahal body painting sudah banyak berkembang di Bali, Jogja dan Bandung,” kata Ketua Jurusan Seni Rupa STKW Surabaya, Totok Priyoleksono. Totok berharap, melalui demo ini, ekspresi seniman bisa terwadahi dalam bentuk lain. Tidak hanya di atas kanvas saja, tapi juga di tubuh manusia.

Body painting bahkan bisa diaplikasikan pada seni yang lain seperti seni tari. Terutama tari non-klasik. Selain body painting, dalam pembukaan pameran juga ada demo drawing atau menggambar dengan teknik arsir. Sementara pameran menampilkan beragam karya seni. Mulai dari lukisan, gambar, patung, keramik, seni grafis dan fotografi dengan jumlah total 43 karya.

Laporan: Reny Mardiningsih

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas
Ilustrasi lift.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ukurannya yang sangat besar, elevator atau lift penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024