350 Peta Bidang Trace Kering KBT Sudah Diukur

VIVAnews - Sepanjang Januari 2010, tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pemerintah Kota Jakarta Timur mengukur 350 peta bidang tanah (49 hektar) yang akan dijadikan trace kering proyek Kanal Banjir Timur (KBT).

Kemudian untuk pembebasan lahan yang terkena proyek, masih menunggu pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2010. Nilai ganti rugi akan disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang berlaku di masing-masing wilayah.

Ke-350 peta bidang tanah yang diukur masing-masing tersebar di empat kelurahan. 92 peta bidang di Cipinang Muara, 123 di Duren Sawit, 115 di Pondok Bambu, dan 20 di Pondok Kelapa.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto mengatakan setelah selesai mengukur di empat kelurahan, Tim P2T akan melanjutkan proses pengukuran di dua kelurahan lainnya, yakni di Malakasari dan Malaka Jaya. Ditargetkan pada pekan depan, pengerjaannya sudah selesai.

Namun untuk kelurahan lainnya, seperti Pulogebang, Ujung Menteng dan Pondok Kopi masih belum dapat dilakukan proses ukur.

Mengenai masih adanya tanah garapan yang berada di KBT, sejauh ini masih belum ada rumusnya, apakah akan diberikan ganti rugi atau tidak. Seperti tanah garapan atas nama Rahmat Kartolo (alm) di Cipinang Muara.

”Lahan itu adalah tanah negara yang digarap orang, jadi belum ada rumusnya apakah harus diganti rugi atau tidak. Paling tidak harus menunggu keputusan gubernur DKI Jakarta,” katanya yang dikutip dari situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua P2T Jakarta Timur Arifin Ibrahim menambahkan sekarang ini masih banyak warga yang mengaku tanahnya belum dibayar. Bahkan ada juga yang mengaku belum terima uang dan tanahnya sudah digali. Untuk tanah sengketa, tentunya pembayaran dititipkan di pengadilan.

“Semua tanah konsinyasi pembayarannya dilakukan di pengadilan, sehingga tidak ada lagi kewenangan dari P2T Jaktim," kata dia.

Bantah Kunjungan Jokowi di Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu
Penampilan BLACKPINK dan LE SSERAFIM di Coachella

Ini Ranking Penampilan K-Pop Terbaik di Panggung Coachella, LE SSERAFIM Jadi yang Terakhir?

Grup K-Pop berhasil menarik perhatian, bahkan Times Now telah mengurutkan peringkat penampilan K-Pop terbaik selama tampil di panggung Coachella. Berikut peringkatnya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024