Seperti Soekarno, SBY Kunjungi Lapas Anak

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini, Selasa 16 Februari 2010 mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Tangerang.

Presiden SBY didampingi sejumlah menteri, yakni Menteri Hukum dan HAM, Menkopolkam, Menkokesra, Menteri Sosial, Mensesneg, Menkes, Menteri Agama, Menakertrans, dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan. Selain itu, rombongan juga didampingi Dirjen Lapas, Untung Sugiyono.

Kedatangan rombongan SBY disambut Kepala Lapas Anak, Priyadi. Dijelaskan dia, bangunan Lapas yang dihuni tahanan anak laki-laki ini berdiri sejak 1925.

Awalnya bangunan ini digunakan Pemerintah Belanda menahan dan mengasingkan orang-orang Belanda yang dianggap nakal.

"Luas tanah 1 hektar, dengan luas bangunan 4250 meter persegi. Kapasitas terdiri dari 220 anak, saat ini dihuni 137 anak," kata Priyadi.

Para anak negara ini dijaga oleh 107 penjaga, yang rata-rata usianya di atas 50 tahun.

Kunjungan SBY merupakan kunjungan presiden yang kedua setelah hampir 50 tahun yang lalu tempat ini pernah dikunjungi Presiden Soekarno.

Diceritakan dia, pada 1954, Soekarno berpidato mengenai program kepenjaraan, sistem pemasyarakatan.

"Kami bangga karena ternyata setelah kurun waktu 47 tahun, presiden berkenan datang. Mudah-mudahan ada perintah dan perbaikan sistem pemasyarakatan," tambah dia.

Diagendakan, setelah ini presiden dan rombongan akan mengunjungi kelas-kelas di Lapas Anak -- melihat sisi lain kehidupan anak-anak di balik tahanan.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024