Disidang Kode Etik, Hakim Endratno Stres

VIVAnews - Hakim Pengadilan Negeri Serui, Endratno Rajamai, stres saat menjalani sidang kode etik yang digelar Majelis Kehormatan Hakim. Endratno bahkan harus menjalani perawatan di klinik.

Sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) ini digelar di Ruang Wirjono, Mahkamah Agung, Jakarta, Selasa 16 Februari 2010. Sidang dipimpin Widayanto, dengan anggotanya Sastrohardjono, I Made Tara, Imam Haryadi, Thahir Saimima, Zainal Arifin, Chatamarrasdid, dan Soekotjo Soeparto.

Endratno mulai stres saat anggota MKH, Thahir Saimima hendak mengajukan pertanyaan. Namun, belum sempat Thahir, yang juga adalah Wakil Ketua Komisi Yudisial, itu mengajukan pertanyaan, Endratno sudah keburu syok.

"Saya minta izin kepada majelis untuk minum obat," kata Endratno. Kemudian dia langsung keluar ruang sidang. Petugas MA yang berjaga di depan ruang sidang kemudian mengantarkan Endratno ke klinik. Saat ini sidang MKH pun terhenti sejenak.

Endratno disidang MKH karena adanya kasus rumah tangga. Dia dilaporkan oleh mantan istrinya karena berutang Rp 84,5 juta. laporan itu dilayangkan, karena setelah Endratno berutang, dia langsung menceraikan istrinya. "Saya menikahi dia karena kehendak orang tua," ujar Endratno.

Atas tuduhan itu, anggota MKH Zainal Arifin sempat mengajukan pertanyaan kepada Endratno. "Saudara ini kan hakim, masa mau dipaksa kawin. Ini kan bukan zaman Siti Nurbaya," kata Zainal yang juga adalah anggota Komisi Yudisial itu.

Endratno kemudian menjelaskan, bahwa dia hanya ingin mengikuti permintaan orang tua saja. "Mungkin jika dilihat ini tidak masuk akal," ujarnya.

Zainal pun mempertanyakan mengenai utang Rp 84,5 juta itu. Menurut Zainal, uang itu dapat dikategorikan sebagai gratifikasi.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

Namun, Endratno bersikukuh bahwa uang itu bukanlah sebagai bagian gratifikasi. "Uang itu saya terima tidak ada kaitannya dengan perkara," jelasnya. Menurutnya, uang itu diterima dalam 66 kali pemberian. Uang untuk biaya perjalanan yang diterima dari mantan istrinya sebelum mereka menikah.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini

Pep Guardiola mendesak Real Madrid untuk ‘memperbaiki’ kondisi lapangan mereka di Santiago Bernabeu setelah hasil imbang 3-3 Manchester City di Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024