Korban Lain Anand Krishna Harus Berani Lapor

VIVAnews - Lembaga Perlidungan Saksi dan Korban berharap korban lain kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan tokoh spiritual Anand Krishna melapor. Diharapkan dengan adanya laporan korban lainnya dapat membantu menganilisa untuk menindaklanjuti persoalan ini.

Penanggungjawab Hukum dan Humas LPSK Lies Sulistiani mengatakan, akan mempelajari untuk memberikan dukungan kepada para korban dengan menyurati pihak terkait dalam persoalan ini.

"Nanti kita pelajari agar lebih fokus. Bentuknya bisa saja perlidungan atau dukungan hak prosedural saksi dan korban," ujar Lies, Selasa 23 Febuari usai menerima laporan empat korban.

Empat korban yang melapor adalah Tara Pradipta, Sumidah, Rini dan Candra. Mereka adalah korban dan saksi. Mereka mendatangi LPSK untuk meminta perlidungan dan membuat korban lain merasa aman untuk berani melapor.

"Banyak yang akan memerberikan laporan tapi mereka butuh rasa aman," ujar kuasa hukum korban Fredi alex Damanik, Selasa 23 Febuari 2010.

Sementara itu berdasarkan data yang telah terkumpul dari posko korban Anand Krishna, sudah terdata lebih dari 20 korban yang mengaku sebagai korban. Sebanyak 15 korban berada di Jakarta, lima korban di Jogja dan tiga korban lainnya berada di luar jawa.

Sebelumnya, para korban telah menyerahkan bukti tambahan kepada penyidik Polda Metro Jaya berupa rekaman video yang keterlibat orang terdekat Anand, Maya Safira Muchtar. Maya dianggap membantu atau ikut serta dalam dugaan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan Anand.

Orang terdekat Anand itu juga telah dilaporkan berdasarkan Pasal 290 jo Pasal 55 KUHP tentang Penyertaan Kejahatan. "Dia yang memilih perempuan dan mengantarkan perempuan ke kamar Anand di lantai tiga," ujar Agung Matauch.

Agung berharap dengan adanya bukti baru ini, polisi bisa segera melakukan pemeriksaan dan penahanan terhadap Anand dan Maya. "Kami menuntut keduanya segera diperiksa dan ditahan mengingat banyaknya korban," ujarnya.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Baca juga bantahan Anand Krishna:

"Saya Juga Bukan Dewa"

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024