Kapolri: Kasus Zatapi Dihentikan

VIVAnews - Markas Besar Polri akhirnya menghentikan kasus dugaan korupsi minyak zatapi. Polri sudah menerbitkan SP3 atau Surat Perintah Penghentian Penyidikan.

"Tidak ada kerugian negara," kata Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri usai rapat dengan Komisi III Bidang Hukum DPR, Jakarta, Selasa 23 Februari 2010.

Menurut Bambang Hendarso Danuri, kesimpulan tidak ada kerugian negara itu berdasarkan hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPK).

"Jadi bagaimana dong kita? Itu sudah di SP3 sejak beberapa minggu yang lalu," ujar Bambang Hendarso Danuri.

Seperti diketahui, kasus impor Zatapi ini pernah heboh dalam rapat dengar pendapat antara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dengan Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat, Februari 2008.

Saat itu sejumlah anggota dewan mempersoalkan 600 ribu barel minyak Zatapi yang diimpor pada 2007. Proyek impor ini dimenangi PT Gold Manor Internasional.

Anggota Dewan juga mendesak Badan Pemeriksa Keuangan menyelidiki kasus ini. Badan Pemeriksa Keuangan mulai bergerak awal 2008. Hasil pemeriksaan badan itu menyimpulkan bahwa terdapat potensi kerugian dalam impor Zatapi ini.

Sejumlah kalangan mempertanyakan dokumen asal barang, uji sampel dan transparansi harga dari impor minyak Zatapi. Sebab, harganya lebih mahal yakni sekitar US$ 11,7 per barel. Padahal, bila Pertamina tidak mengimpor Zatapi akan berhemat sebesar 5 juta dollar Amerika Serikat.

Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji pernah berkomitmen melanjutkan penyidikan kasus dugaan korupsi minyak zatapi. Meskipun mantan Kapolri, Sutanto, pernah duduk sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya


ismoko.widjaya@vivanews.com

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!
Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024