PDIP: Pidato SBY Mirip Opsi A

VIVAnews - Fraksi PDI Perjuangan menilai pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menanggapi keputusan DPR atas kasus Century sudah diketahui masyarakat. Karena poin pidato SBY itu dinilai mirip dengan opsi A yang sudah disampaikan di DPR.

"Itu merupakan bagian dari poin-poin utama dari apa yang disampaikan Fraksi Demokrat, PKB, dan PAN. Itu merupakan bagian yang sudah kita dengar di DPR," kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Gayus Lumbuun di Resto Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Jumat 5 Maret 2010.

"Beliau (SBY) mengatakan tidak ada pelanggaran hukum (dalam bail out). Semua kebijakan dibenarkan."

Gayus mengharapkan aparat hukum tetap menindaklajuti rekomendasi DPR, karena sifatnya mengikat secara hukum. Apabila tidak dilaksanakan rekomendasi itu, kata Gayus, berarti ada intervensi dalam proses penegakan hukum di negara ini.

"Kalau penegak hukum tak melaksanakan rekomendasi yang merupakan suara rakyat, itu berarti kita lihat ada intervensi atau campur tangan dari lembaga eksekutif," tegasnya.

Politisi yang juga Wakil Ketua Pansus Century ini mempertegas, negara ini diatur mekanisme dari unsur legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Semua punya keseimbangan dalam kewenangan.

Meski pidato bisa belum dikategorikan sebagai intervensi, karena sifatnya masih pernyataan dan belum menjadi tindakan, namun DPR akan terus mengawal pelaksanaan rekomendasi.

"Karena itu masih pidato, belum intervensi. Intervensi kan bukan statement, tapi tindakan. Nanti kita lihat," ujar Gayus.

Gayus menambahkan, apabila aparat penegak hukum tidak menjalankan rekomendasi DPR mengenai angket kasus Bank Century, maka sama dengan menunjukkan Indonesia tidak bisa membuktikan diri sebagai negara hukum.

"Kalau ini tidak dijalankan oleh salah satu lembaga penegak hukum, berarti negara hukum Indonesia ini tidak bisa mencerminkan proses penegakan hukum," kata dia lagi.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

ismoko.widjaya@vivanews.com

Ilustrasi buah-buahan.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tak melulu harus mengonsumsi pil vitamin c, kebutuhan akan vitamin C dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin ini. Berikut adalah beberapa buah y

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024