Sebulan, Modal Asing Masuk Rp 7 Triliun

VIVAnews - Posisi ekonomi Indonesia pada 2010 ini sudah semakin baik. Menteri Keuangan Sri Muyani Indrawati mengatakan, pada Januari lalu tercatat aliran modal masuk melalui surat berharga negara (SBN) mencapai Rp 7,02 triliun.

Angka ini menurut Sri Mulyani, merupakan pencapaian yang cukup baik. Sebagai perbandingan, tercatat aliran modal masuk bersih (net capital inflow) tahun lalu adalah sebesar Rp 20,39 triliun.

"Net capital inflow melalui SBN 2009 ini tercatat lebih tinggi dari 2008 yang hanya sebesar Rp 9,4 triliun," kata dia di Jakarta, Senin 8 Maret 2010.

Baiknya indikator ekonomi ini mengawali perputaran kegiatan ekonomi yang akan lebih baik. Secara teoritis, menurut dia, permintaan Surat Utang Negara juga semakin baik sehingga tingkat yield semkain turun.

"Dengan munculnya biaya yang lebih rendah akan terefleksi ke postur APBN yang positif," kata dia.

Sementara itu, nilai tukar Indonesia selama kurun waktu 2009 menguat terbaik di Asia sampai15,4 persen. Sedang untuk rentang wkatu Januari Februari 2010, penguatan mencapai 1,3 persen meskipun sektor keuangan global cukup fluktuatif.

hadi.suprapto@vivanews.com

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus
ODGJ Ngamuk di Cengkareng, Mau Tikam Kakaknya

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

Seorang pria berinisial A yang merupakan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, mengamuk hingga nyaris menikam keluarganya sendiri. Untung

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024