Rp 2,4 Triliun untuk Dana Abadi Pendidikan

VIVAnews - Untuk pertama kalinya, Pemerintah mengalokasikan dana Rp 2,4 triliun sebagai dana abadi anggaran pendidikan. Dana ini dapat digunakan sebagai dana bergulir bagi mahasiswa dan pelajar, layaknya dana jaminan pendidikan.

Dirjen Anggaran Anny Ratnawati mengatakan dana ini berasal dari sebagian alokasi dana anggaran pendidikan yang totalnya mencapai Rp 221,4 triliun (20,04 persen PDB).

"Nanti akan ada komite pendidikan yang mengurusnya, intinya bahwa dana abadi ini didesian sebagai pertanggungjawaban pemerintah kepada generasi bangsa," kata Anny dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Anggaran, Senin 8 Maret 2010.

Anny memisalkan perlunya dana ini karena tidak semua beasiswa yang ada dari mahasiswa bisa selalu terselesaikan tepat pada waktunya.

"Jadi misalnya untuk memperbaiki SDM melalui beasiswa dan mendapatkan beasiswa, tapi tidak selesai dalam 2 tahun," katanya. "Melalui dana ini, antar generasi kedepan bisa dijamin aman kelangsungan pendidikannya," kata dia.

Sebelumnya dana abadi ini dalam kesepakatan APBN 2010 tidak ada. Seperti diketahui bahwa total dana pendidikan sebesar Rp 221,4 triliun itu terbagi di anggaran pendidikan di Kementerian/Lembaga yakni sebesar Rp 93,5 triliun dan anggaran melalui transfer ke daerah sebesar Rp 126 triliun.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024