Kevin Rudd: SBY Tidak Tersinggung

VIVAnews - Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, menegaskan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak tersinggung karena ulah seorang anggota parlemen Australia yang tertidur saat Yudhoyono memberikan pidato.

Seorang anggota parlemen dari partai oposisi, Peter Slipper, tertangkap kamera wartawan sedang terlelap saat Yudhoyono memberikan pidato pertama oleh seorang presiden Indonesia di hadapan anggota parlemen Australia, Rabu 10 Maret 2010.

Rudd mengatakan, dia tidak tahu apakah benar Slipper tidur sepanjang pidato 40 menit Presiden Yudhoyono. Namun, Rudd menekankan bahwa pemimpin negara yang sedang berkunjung ke Australia layak mendapat penghormatan dengan cara yang tepat.

"Saya mengenal SBY dengan baik, saya yakin dia tidak ambil pusing dengan ulah seseorang yang tidur itu," kata Rudd pada para wartawan, Kamis 11 Maret 2011, seperti dikutip dari laman Straits Times.

"Namun saya kira, sangat penting kalau pidato penting dari seorang kepala pemerintahan negara lain yang sedang berkunjung ditanggapi dengan sikap hormat yang tepat," lanjutnya.

Slipper sendiri menyangkal telah tertidur saat Yudhoyono memberikan pidato. Namun peristiwa itu sempat diabadikan oleh seseorang yang memotretnya melalui kamera telepon selular, dan mengundang berbagai komentar dari para wartawan, melalui situs pertemanan, di ruang pers saat peristiwa itu terjadi.

"Saya rasa pidato itu sangat bagus," kata Slipper pada surat kabar Sunshine Coast Daily. Menurutnya, dia tidak tidur, tetapi tidak menyangkal telah menutup mata.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, juga dijadwalkan berpidato di hadapan Parlemen Australia bulan ini. Di Australia, berpidato di depan anggota parlemen adalah penghormatan langka yang hanya diberikan pada sejumlah pemimpin pemerintahan mancanegara.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit
Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024