Ancora Gandeng Asing Perbesar Bisnis Tambang

VIVAnews - Institusi asing kabarnya sedang menjajaki kerja sama dengan PT Ancora Resources Indonesia Tbk (OKAS) untuk pengembangan bisnis batu bara perseroan.

"Dikabarkan, asing itu ditawarkan kepemilikan saham di anak usaha perseroan," kata sumber VIVAnews di Jakarta, Kamis malam, 18 Maret 2010.

Salah satu direktur Ancora Resources Meliza Musa ketika dikonfirmasi mengakui, sudah ada pihak tertentu yang berniat bekerja sama dengan perseroan.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Tapi baiknya, jangan diungkap saat ini ke publik. Nanti saja, minggu depan kalau sudah pasti akan diumumkan," tuturnya kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat, 19 Maret 2010.

Seperti diketahui, per 28 Februari 2010, PT Ancora Resources memiliki saham berkode OKAS sebesar 22 persen, Pictet and Cie S/A Burgundy Assets Corp 12 persen, dan UBS AG Singapore S/A Summer Harvest Pte 17 persen. Sedangkan sisanya dimiliki publik.

Pada perdagangan Kamis, 18 Maret 2010, OKAS ditutup turun Rp 5 (1,51 persen) di posisi Rp 325. Broker PT Samuel Securities Indonesia dengan kode broker IF tercatat sebagai broker yang paling banyak mengoleksi saham Ancora Resources.

Sebelumnya Ancora Resources memperoleh fasilitas pinjaman sebesar US$21 juta dari PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Terkait pinjaman tersebut, perusahaan menjaminkan seluruh kepemilikan sahamnya pada anak usaha, PT Bormindo Nusantara.
 
Direktur Utama Ancora Resources Dharma Djojonegoro mengatakan, pinjaman tersebut baru diperoleh perseroan pada September 2009. Fasilitas pinjaman bertenor enam tahun.

"Kami menjaminkan 60 persen kepemilikan saham di Bormindo," kata Dharma pada paparan publik perusahaan di gedung Graha Niaga, Jakarta, belum lama ini.
 
Dharma menambahkan, perusahaan berniat menggunakan pinjaman tersebut untuk modal kerja dan suntikan modal ke anak usaha Ancora lainnya, PT Multi Nitrotama Kimia.

antique.putra@vivanews.com

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024