Kajari Tangerang Dimutasi, Diduga Kasus Gayus

VIVAnews - Kepala Kejaksaan Ngeri (Kajari) Tangerang  Suyono akhirnya resmi dimutasi. Dimutasinya orang nomor satu di korp Adhyaksa Tangerang ini, disebut-sebut terkait vonis bebas terdakwa kasus pajak Gayus Halomoan Tambunan.

Suyono digantikan Chaerul Amir, mantan pejabat Inspektur Pembantu Tindak Pidana Umum III, pada Inspektur Tindak Pidana Umum Jaksa Agung Muda Pengawasan, Kejaksaan Agung, Kamis 1 Apil 2010.

Kasus Gayus Tambunan, pegawai pajak golongan IIIA yang memiliki dana Rp 28 miliar disebut-sebut menjadi penyebab mutasi ini. Suyono sendiri kini menempati posisi sebagai Asisten Inteljen pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Makassar.

"Mutasi ini adalah hal yang biasa. Jadi tidak ada yang luar biasa," kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Banten P Joko Subagyo.

Menurut Joko, penggantian Kepala Kejari Tangerang itu bukan karena terkait praktek makelar kasus Gayus Tambunan. Joko juga tidak mau berkomentar banyak soal kasus Gayus Tambunan.

Apalagi saat ditanya soal penghilangan satu pasal korupsi dalam kasus Gayus Tambunan. Dalam kasus itu, jaksa hanya melimpahkan perkara penggelapan dan pencucian uang ke Pengadilan Negeri Tangerang.

"Saat ini kan Jamwas Kejagung sedang menanganinya. Jadi kita lihat saja hasilnya berapa jumlah jaksa yang terlibat," ujarnya.

Usai serah terima jabatan, Mantan Kajari Tangerang, Suyono enggan berkomentar sedikit pun terkait perkara Gayus Tambunan. "Itu satu pintu silahkan saja tanya ke Kejagung," terangnya.

Begitupun Asisten Pidana Umum Kejati Banten, A Dita Prawira, yang juga disebut-sebut terlibat. "Saya tidak boleh berkomentar, Apa lagi soal pasal yang hilang, sebab itu dilakukan di Kejari Tangerang," katanya.

Serah terima jabatan juga dilakukan Asisten Pengawasan pada Kejaksaan Tinggi Banten dari Tanti Andriani Manurung kepada Munasim, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kalianda.

Tanti Andriani Manurung, saat ini menjabat sebagai Inspektur Pembantu Tindak Pidana Umum III, pada Inspektur Tindak Pidana Umum Jaksa Agung Muda Pengawasan, Kejaksaan Agung.

Sri Suhartini yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon, kini menjabat sebagai Kepala Bagian Pendapatan dan Perbendaharaan pada Biro Keuangan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung.

Sedangkan untuk posisi Kajari Cilegon, diisi Endang Setyowati, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yessy Esmirada yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Pandeglang, diganti oleh Supriati, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Yessy Esmirada saat ini ditempatkan sebagai Staf Ahli Gubernur Jawa Barat, Bidang Hukum dan Politik.

Laporan: NCE l Tangerang

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi
Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra memastikan langsung ke lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Tap (PLTU) Suralaya yang menjadi backbone kelistrikan Jawa Bali.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Sepanjang 2023 carbon trading PLN IP telah mencapai 2.428.203 ton CO2, dan akan meningkat dua kali lipat pada tahun-tahun selanjutnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024