Brigjen Sulistyo Ishak Ganti Posisi Edmon

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian RI sudah mempersiapkan pengganti Kepala Kepolisian RI Brigadir Jenderal Edmon Ilyas yang dicopot. Mabes Polri menunjuk Wakil Kepada Divisi Humas Brigadir Jenderal Sulistyo Ishak.

"Wakadiv akan menggantikan sebagai Kapolda Lampung," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Edward Aritonang, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 2 April 2010.

Edward menjelaskan, mutasi ini dilakukan berdasarkan Telegram Rahasia Kapolri nomor 261 tanggal 2 April 2010.

Selain mutasi terhadap Edmon, Mabes Polri juga menggeser Kapolda Bangka Belitung Brigadir Jenderal Anton Setiadi. Dia diangkat sebagai Staf Ahli Kapolri. Posisi Kapolda Bangka Belitung akan diisi oleh Komisaris Besar M Rum Murkal.

Selain itu, dua Kapolda yakni Kapolda Aceh dan Gorontalo juga dimutasi akibat pensiun.

Edmon dimutasi untuk memudahkan Polri dalam mengusut kasus mafia pajak. Kasus ini sebelumnya diungkap mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji. Tudingan tersebut berawal dari laporan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) pada 2009 yang mencurigai transaksi dalam rekening Gayus yang berisi uang Rp 25 miliar.

Polisi kemudian melakukan penyidikan dan hanya menyatakan uang sebesar Rp 395 juta yang terkait tindak pidana.

Sedangkan uang sebesar Rp 24,6 miliar tidak berhasil dibuktikan. Uang itu mulanya diakui oleh seorang pengusaha garmen asal Batam, Andi Kosasih. Sisa uang sebesar Rp 24,6 miliar itulah yang ditudingkan susno telah dibagi- bagi kepada beberapa pihak, termasuk para penyidik dan kedua jenderal tersebut.

Kini polri telah menetapkan beberapa tersangka dalam kasus ini. Selain Gayus, Polri telah menetapkan pengacara Gayus Haposan Tambunan, Andi Kosasih, dan Kompol A sebagai tersangka.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024