Bogor Jadi Tempat Konferensi Perubahan Iklim

Hutan
Sumber :
  • mangabay.com

VIVAnews – Konferensi Internasional I Masyarakat Muslim untuk Perubahan Iklim di IPB International Convention Center (IICC) di Jalan Padjajaran, Kota Bogor, akan berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (9-10 April 2010.

Konferensi Internasional I akan dihadiri lebih dari 150 peserta dari 16 negara. Di antaranya, selain dari Indonesia sebagai tuan rumah, juga Malaysia, Mesir, Libya, Yordania, Bangladesh, Maroko, Filipina, dan Inggris.

Informasi yang diterima VIVAnews, tiga agenda penting akan dibahas dalam konferensi ini. Agenda pertama membahas masalah perubahan iklim dan aksi yang bisa dilakukan oleh umat Islam se-dunia.

Agenda kedua, pembentukan Asosiasi Masyarakat Muslim untuk Aksi Perubahan Iklim (Muslim Association for Climate Change Action/MACCA), yang diharapkan menjadi organnisasi yang akan memandu kegiatan dan mengimplementasikan rencana aksi tujuh tahun itu pada berbagai negara dan masyarakat muslim di dunia.

Sedangkan agenda ketiga, yaitu dideklarasikannya empat kota di negara Muslim sebagai kota hijau (green city).

Kemudian pada hari pertama, Sead Elgezawi dari World Islamic Call Society akan menjadi pembicara. Dia merupakan peneliti efek biologis terhadap pembuangan material organik dari limbah cair bahan bakar sintetis.

Sedangkan pembicara kedua, Fazlun Khalid, merupakan pendiri Islamic Foundation for Ecology and Environmental Sciences (IFEES), Birmingham, Inggris. Fazlun telah mengembangkan organisasinya sebagai organisasi yang dikenal secara internasional yang mengartikulasikan posisi Islam dalam masalah lingkungan hidup dan pada saat yang bersamaan berupaya menyebarkan manifestasi praktis dalam implementasinya.

Pembicara ketiga, Emil Salim, adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Mantan menteri lingkungan hidup itu, kini menjabat sebagai penasehat presiden SBY dalam bidang lingkungan hidup dan pengembangan berkelanjutan.

Dalam konferensi internasional yang baru pertama kali dilaksanakan ini, Kota Bogor akan didukung oleh seluruh peserta untuk menjadi Kota Bogor Hijau Lestari.

Menurut rencana, ada empat kota di negara muslim yang dideklarasikan sebagai kota hijau, selain Kota Bogor. Tiga kota lainnya yaitu  Kota Madinah (Arab Saudi), Sale (Maroko), dan Sanaa (Yaman).

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
The Perfect Strangers

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Dari sana lah, Yessy mengembangkan cerita dan karakter dalam untuk The Perfect Strangers yang tak disangka-sangka punya banyak sekali penggemar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024