Kasus Innospec, 6 Orang Dicegah ke Luar RI

Pom Bensin Pertamina.
Sumber :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah enam orang ke luar negeri karena diduga terkait dugaan suap PT Innospec. Pencegahan itu sudah diajukan dan disetujui Direktorat Jenderal Imigrasi Departemen Hukum dan HAM.

"Benar, dilakukan pencegahan ke luar negeri," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP saat dihubungi lewat telepon, Minggu 25 April 2010.

Kendati demikian, Johan tidak dapat menyebutkan satu persatu nama mereka yang dicegah ke luar negeri. Tapi menurut Johan, pencegahan itu sudah disetujui pihak Imigrasi.

"Saya lupa nama-namanya," kata Johan. Pengajuan pencegahan itu sudah dilayangkan KPK sejak 8 April lalu.

Hingga kini KPK terus mempelajari pengakuan Innospec Limited, anak perusahaan Innospec Inc yang diduga menyuap oknum Pertamina dan pejabat di Indonesia.

Dari laman Lembaga Anti-Korupsi Inggris, Serious Fraud Office, di www.sfo.gov.uk, Jumat 26 Maret 2010, disebutkan bahwa Innospec mengungkapkan penyuapan itu di Pengadilan Southwark, Inggris.

Atas pengakuan itu, Innospec akan diganjar kewajiban membayar US$ 12,7 juta. Dalam pengadilan, perusahaan berbasis di di Ellesmere Port itu terbukti bersalah menyuap oknum Pertamina dan pejabat Indonesia terkait penjualan bahan tetra ethyl lead (TEL) untuk bensin bertimbal.

Bahan itu tidak boleh lagi dipasarkan di Eropa dan Amerika Serikat karena membahayakan kesehatan dan lingkungan. Tetapi perusahaan itu terus memproduksi untuk konsumsi sejumlah negara, termasuk ke Indonesia.

Serious Fraud Office menyebutkan, untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia, perusahaan menunjuk agen di Indonesia untuk memenangkan kontrak-kontrak pemasok TEL. Selama 14 Februari 2002 sampai 31 Desember 2006, perusahaan itu membayar US$ 11,7 juta untuk agennya di Indonesia. (hs)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024