Tunjangan Kepala Dinas Terancam Dipotong

Pelantikan Anggota DPRD Jakarta : Fauzi Bowo
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan memotong tunjangan kinerja daerah (TKD) pada pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI yang kinerja penyerapan anggarannya rendah.

Sanksi itu diberikan menyusul masih rendahnya penyerapan belanja langsung DKI hingga 26 April 2010, yang masih dibawah 3 % dari total alokasi sebesar Rp 16,2 triliun. Pemotongan akan dilakukan hingga sebesar 40 %.

Menurut gubernur, langkah itu dilakukan sebagai bagian dari penilaian kinerja pimpinan SKPD di DKI, sehingga dapat dilaksanakan secara merata.

Sebelumnya Pemprov DKI juga sudah menerapkan sistem pemberian TKD pada Pegawai Negeri Sipil DKI per awal 2010, dengan sistem penilaian berdasarkan evaluasi dari pimpinan SKPD pada bawahannya, selain juga berdasarkan sistem absensi.

"Jika tidak mencapai target, maka TKD mereka bisa dipotong karena itu artinya kinerjanya turun," kata Fauzi Bowo di Balaikota DKI Jakarta, Senin 26 April 2010.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Sukri Bey mengatakan, saat ini penyerapan belanja langsung masih memprihatinkan, yaitu 3 % dari total yang dialokasikan.

Secara total, penyerapan belanja DKI hingga saat ini baru mencapai 13,88 %, atau Rp 3,37 triliun dari total anggaran Rp 24,28 triliun.

Padahal, Pemprov DKI menargetkan hingga akhir April target belanja sudah terealisasi 15% . Meski masih di bawah target, Sukri mengatakan angka itu mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang angkanya mencapai 11,07%, atau naik 2,8%.

Dia menjelaskan rendahnya penyerapan belanja modal itu terjadi pada
SKPD dengan anggaran yang besar dari seluruh APBD DKI.

Untuk menggenjot pencapaian belanja langsung tersebut, Pemprov DKI akan membuat surat edaran untuk seluruh SKPD yang ada mengenai target realisasi belanja DKI tahun ini.

Menurutnya, surat edaran itu terkait jika SKPD tidak mampu melaksanakan anggaran sesuai target, maka mereka akan diberikan teguran dan sanksi pemotongan TKD.

"Targetnya sendiri akan diberikan hingga semeser I/2010 atau hingga Juni 2010. Jika dalam target tersebut tidak tercapai, maka peringatan dan sanksi akan langsung diberikan," terang Sukri.

Target realisasi belanja langsung DKI hingga Semester I/2010 yakni mencapai 35 % dari total anggaran Rp 16,22 triliun.

Sukri menambahkan, saat ini Pemprov DKI dan BPKD juga terus melakukan monitoring dan pengawasan ketat pada seluruh SKPD yang ada, agar kinerja penyerapan terus membaik dan mencapai target yang telah ditetapkan. (adi)

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024