TNI Dilarang Terlibat Apapun Dalam Pilkada

Panglima TNI Djoko Santoso & KSAD Agustadi Sasongko
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews -- Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI di daerah khususnya untuk tetap bersikap netral, dan tidak terlibat kegiatan apapun dalam pilkada.

Panglima TNI mengeluarkan Surat Telegram (ST) kepada para Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI di seluruh jajaran TNI yang tertuang dalam ST Panglima TNI Nomor ST/256/2010 tanggal 19 April 2010.

Isi telegram tersebut, menekankan kembali kepada Prajurit/PNS di jajaran TNI untuk tetap menjunjung tinggi netralitas TNI dalam Pemilu Pilkada dan memerintahkan untuk mengantisipasi gejolak sosial yang mungkin timbul di wilayahnya.

"Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Pemilu Pilkada di beberapa daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota dalam waktu dekat sehingga suhu politik akan meningkat yang akan  berpengaruh pada situasi kondisi sosial daerah," ujar Panglima TNI dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Jumat 30 April 2010.   

Karena itu, ia menginstruksikan seluruh jajarannya agar, pertama memedomani buku Netralitas TNI tahun 2008 dan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada bagi PNS TNI.

Kedua, memonitor perkembangan kegiatan Pemilu Pilkada di daerah secara terus menerus guna mendeteksi dini dan mencegah dini terhadap pelanggaran anggota TNI dan adanya potensi konflik yang dapat berakibat terjadinya kerusuhan dan tindakan kekerasan di wilayah masing-masing.

Ketiga, mengadakan koordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas serta melaporkan setiap perkembangan situasi / hal-hal menonjol pada kesempatan pertama. "Netral TNI disini tentunya tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak," kata dia. (umi)

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Situs google.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Hilirisasi menjadi isu penting di Indonesia. Jika mengklik kata tersebut di Google, maka dalam 0,25 detik muncul 4.140.000 temuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024