Bursa Awasi Saham Astra Otoparts

pialang memperhatikan pergerakan saham
Sumber :
  • Rosa Panggabean

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan saham PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) bergerak di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).

Saham grup Astra tersebut mengalami peningkatan harga dan aktivitas transaksi dibanding periode sebelumnya.

"Bursa telah meminta konfirmasi kepada Astra Otoparts pada 16 April 2010," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Eddy Sugito dalam penjelasan tertulis bursa di Jakarta, Jumat 30 April 2010.

Seiring adanya peningkatan aktivitas transaksi yang tidak wajar itu, otoritas bursa sedang mencermati perkembangan harga dan aktivitas saham Astra Otoparts tersebut.

Untuk itu, BEI meminta investor memperhatikan jawaban perusahaan atas permintaan konfirmasi bursa. Selain itu, otoritas bursa mengimbau investor untuk mencermati kinerja perseroan dan keterbukaan informasinya.

Bursa juga meminta investor untuk mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan, bila belum mendapat persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS).

Otoritas juga berharap agar investor mempertimbangkan berbagai kemungkinan sebelum mengambil keputusan investasi.

Meski bergerak di luar kebiasaan, saham-saham yang masuk kategori unusual market activity tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Head of Public Relations and Corporate Secretary Astra Otoparts Made Kusumawati mengatakan, perseroan tidak memiliki agenda aksi korporasi apa pun dalam waktu dekat ini seperti menjadi perusahaan tertutup (go private).

"Hal itu sudah dikemukakan induk usaha kami (Astra International) ke media," ujar dia kepada VIVAnews.

Dia menuturkan, kemungkinan pergerakan tak wajar saham perseroan hari ini dipicu aksi pihak-pihak tertentu yang berkepentingan terhadap saham perseroan di pasar. "Sepertinya terkena mekanisme pasar," ujarnya

Sementara itu, pada pukul 10.12 WIB transaksi hari ini, harga saham Astra Otoparts menguat Rp 2.150 (15,52 persen) ke posisi Rp 16.000. Volume transaksi mencapai 1,32 ribu lot senilai Rp 10,49 miliar. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Panglima TNI Blak-Blakan Soal Kembali Sebut KKB Papua jadi OPM
Putri Marino

Putri Marino: Parfum Bukan Hanya Tentang Aroma, Tapi Juga Jadi Cerminan Diri!

Untuk menunjang penampilan ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mempercantik bulu mata hingga menggunakan parfum atau wewangian sesuai kepribadian

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024