Peregangan Cegah Nyeri Punggung

Sakit punggung.
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Kita menggunakan otot belakang hampir setiap saat. Menjaga otot belakang tetap lentur dan menghilangkan ketegangannya, sangat penting dilakukan agar Anda terhindar dari sakit punggung. Caranya adalah dengan melakukan peregangan otot belakang.

Tiga gerakan peregangan ini sangat mudah, dan Anda bisa langsung merasakan efeknya. Praktekkan gerakannya di rumah.

1. Tarik kaki ke dada
Berbaringlah telentang lalu tarik kedua lutut ke arah dada. Tempatkan satu tangan di masing-masing lutut dan tarik perlahan kaki Anda, lebih dekat ke dada. Tarik napas dalam-dalam, tahan posisi ini selama 20 sampai 30 detik.

2. Gerakkan lutut
Masih dalam posisi telentang, tarik lutut ke dada kemudian gerakkan ke arah kanan. Tarik lutut ke kanan sejauh Anda bisa, kemudian tahan selama 30 detik. Lalu, kembalikan lutut ke posisi tengah kemudian tarik ke arah kiri dan juga tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan hingga otot belakang terasa lebih relaks. Untuk melindungi punggung dari cedera, jaga agar punggung tetap dalam posisi yang sama saat Anda melakukan gerakan.

3. Gerakan kucing
Posisikan tubuh merangkak seperti kucing, lengan dalam keadaan lurus dan tangan tepat berada bawah bahu Anda, serta lutut selebar pinggul. Buatlah punggung dalam posisi datar, lalu lengkungkan punggung Anda setinggi mungkin, sambil tarik dan tahan otot-otot perut.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Tahan selama beberapa 15 detik. Lalu, lakukan gerakan sebaliknya dengan melengkungkan punggung ke arah bawah. Ulangi hingga delapan kali atau hingga Anda merasa nyaman. Lakukanlah tiga gerakan berikut setelah bangun dan menjelang tidur. (umi)

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024