Hatta: Zoellick Tak Bajak Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menko Perekonomian Hatta Rajasa membantah Presiden Bank Dunia Robert Zoellick sengaja membajak Menkeu Sri Mulyani untuk posisi Managing Director di lembaga keuangan internasional itu. Untuk meminang Sri Mulyani, Zoellick minta baik-baik kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ini bukan dibajak. Istilah dibajak itu kan menculik. Zoellick meminta baik-baik kepada Presiden," kata Hatta di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 6 Mei 2010.

Seperti yang disampaikan Presiden, kata Hatta, Bank Dunia telah diminta mengirimkan surat resmi sejak sebulan lalu. "Jadi telah dikirim surat resmi, sehingga tidak ada istilah itu dibajak," kata Hatta.

Hatta juga menepis anggapan bahwa Sri Mulyani menerima pinangan Bank Dunia untuk melepaskan diri dari tekanan politik di dalam negeri. "Jangan dikaitkan begitu. Kita harusnya bangga meski kita juga kehilangan," kata dia.

Soal pengganti Sri Mulyani sebagai Menkeu, Hatta tidak mau berspekulasi karena penunjukkan menteri merupakan hak prerogatif Presiden. Dalam waktu kurang dari satu bulan ini, Presiden akan mengumumkan orang dinilai tepat menggantikan posisi Sri Mulyani mengingat 1 Juni nanti Sri Mulyani sudah efektif bekerja di Bank Dunia, "Tetapi sekarang sampai saat pergantian, Menkeu (Sri Mulyani) tetap menjalankan tugas-tugasnya mengelola keuangan," kata dia.

Hatta yakin Presiden akan memilih orang yang terbaik untuk menggantikan Sri Mulyani. "Tidak ada menteri yang tahu, pasti yang terbaik," kata dia.

Ditanya apakah pengganti Sri Mulyani akan mempertimbangkan keinginan pasar?  "Tentu Presiden akan pilih yang terbaik," kata dia.  Hatta yakin Presiden akan bijak melihat semua faktor untuk mencari orang yang tepat memegang jabatan Menkeu.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024