Istana: Paling Tidak, Sama dengan Sri Mulyani

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Siapa yang akan menduduki kursi Menteri Keuangan sepeninggal Sri Mulyani Indrawati pada 1 Juni mendatang, masih tanda tanya. Kriteria apa yang dikeluarkan Istana untuk mencari pengganti Sri Mulyani

"Saya belum bisa pastikan jumlah nama, tapi pertimbangan Presiden salah satunya adalah profesionalitas dan integritas," kata juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, dalam diskusi Apa Kabar Indonesia tvOne Pagi, Jumat 7 Mei 2010.

Menurut Julian, pertimbangan yang akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak hanya sekadar politis dan profesionalisme. Tapi keduanya.

"Karena posisi ini (Menteri Keuangan) sangat strategis. Kalau saja hanya pertimbangan politis yang dominan, ini kan menyebabkan conflict of interest," ujar dia.

Nama-nama calon Menteri Keuangan memang sudah masuk ke Istana. Tapi berapa banyak dan siapa saja belum bisa diungkapkan. Karena yang terpenting, posisi bendahara negara memiliki tugas yang sangat penting.

"Paling tidak (penggantinya) sama dengan Ibu Ani (Sri Mulyani)," kata mantan Wakil Dekan FISIP Universitas Indonesia ini.

Sejumlah nama memang mencuat yang disebut-sebut sebagai kandidat Menteri Keuangan. Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, bahkan menyebut ada empat kandidat terkuat.

Mereka antara lain Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Anggito Abimanyu, CEO Bank Mandiri Agus Martowardojo, Ketua Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) Fuad Rahmany, dan Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution. (jon)

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024