Hendarman: Tragedi Trisakti Sulit Dibuktikan

Universitas Trisakti
Sumber :
  • www.trisakti.ac.id

VIVAnews - Jaksa Agung Hendarman Supandji mengatakan pengungkapan tragedi Trisakti 12 Mei, 12 tahun silam, masih sulit dilakukan. Ini disebabkan sulitnya pembuktian dari peristiwa yang menjadi tonggak Reformasi 1998.

Hal ini dikatakan Hendarman di Istana Presiden, 12 Mei 2010. "Masalah pembuktiannya sulit, (ungkap) pelakunya, dan itu kan masih tingkat penyelidikan," kata dia.

Hal yang sulit dibuktikan, menurut Hendarman, adalah mengenai Pasal 8 dan Pasal 9 Undang-Undang nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.

"Pasal 8 tentang genosida. Pasal 9 apabila terjadi pembunuhan secara terencana, meluas, dan sistematis," ucap Hendarman.

Selain itu, peristiwa ini terjadi pada tahun 1998, sebelum UU Pengadilan HAM dibuat. Menurut Hendarman, untuk peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi sebelum UU Pengadilan HAM ada, harus ada kesepakatan politik.

"Sebelum ada UU Pengadilan HAM itu, harus ada keputusan politik. Salah satunya untuk bentuk peradilan HAM Ad Hoc," ujar Hendarman memberikan argumen.

Pada 12 Mei 1998, aksi demo menuntut Presiden Soeharto mundur berubah menjadi kisruh. Aparat keamanan memukul mundur mahasiswa hingga ke Universitas Trisakti dengan tembakan.

Empat mahasiswa tewas tertembus peluru. Mereka adalah Elang Mulia Lemana (jurusan Arsitektur angkatan 1996), Hafidin Royan (jurusan Teknik Sipil angkatan 1996), Hendriawan (jurusan Manajemen angkatan 1996), dan Heri Hartanto (jurusan Teknik Mesin angkatan 1996).

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA
VIVA Militer: Serangan rudal balistik Iran

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

Komandan senior Garda Revolusi Iran (IRGC) menyampaikan bahwa Iran dapat meninjau kembali penggunaan nuklirnya di tengah memanasnya hubungan dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024