Terduga Teroris Sembunyi di Bangunan Liar

Densus Kepung Rumah Terduga Teroris di Sukoharjo
Sumber :
  • Antara/Hasan Sakri Ghozali

VIVAnews - Rumah yang digerebek Detasemen Khusus (Densus) 88 di Sukoharjo, Jawa Tengah ternyata merupakan bangunan tak berizin alias liar.

Bangunan rumah yang  juga berfungsi sebagai toko untuk jual beli accu itu tidak terdaftar dalam Rukun Tangga (RT) setempat. Selain itu, di sekitar daerah itu juga pernah menjadi tempat persembunyian beberapa pelaku teroris.

Ketua RT 03 RW IV Baki Pandean, Baki, Sukoharjo, Sartono mengatakan bangunan rumah yang menjadi tempat jual beli accu itu sebelumnya memang merupakan sawah.

Setelah melalui proses pengeringan, sawah itu dikapling -- selanjutnya mulai berdiri beberapa bangunan seperti toko accu, bengkel, dan tempat cuci mobil.

“Bangunan itu  tidak masuk dalam RT saya. Oleh sebab itu, bangunan yang berdiri satu deretan itu belum ada yang melapor. Sehingga, saya juga tidak mengenal siapa penghuninya,” kata dia di Sukoharjo, Kamis 13 Mei 2010.

Penghuni yang setiap harinya membuka usaha jual beli accu itu juga belum pernah melapor meskipun telah mendiami rumah itu selama dua bulan.

“Ya, teroris itu pintar memilih tempat persembunyiannya. Karena, rumah itu enggak ada RT-nya dan bisa dibilang termasuk bangunan liar,” ucap dia.

Sementara itu, Sartono juga mengakui jika beberapa pelaku teroris pernah tinggal di desa ataupun daerah di sekitar toko accu tersebut sekitar beberapa tahun lalu. Para teroris itu pernah tinggal di Desa Sanggrahan dan Manang.

“Dulu sih teroris yang pernah tinggal di daerah itu seperti Imam Samudra, Amrozi, Ali Ghufron dan Dulmatin,” sebutnya. (jn)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024
Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U 23 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024