Trik Memikat HRD Lewat Resume Kerja

Wawancara Kerja
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Resume atau Curriculum Vitae (CV) melamar kerja memang berfungsi membuat departemen HRD di calon perusahaan atau calon atasan terkesan. Resume pada dasarnya disusun untuk memuaskan dan membuat perusahaan merasa Anda adalah orang paling tepat untuk mengisi sebuah posisi dalam perusahaan.

Maka itu, Anda perlu membuat sebuah CV dan resume optimistik, dan yang  memudahkan HRD membaca hal penting dalam resume. Selain membuat CV dan resume terbaik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan tentang para pembaca resume alias HRD di perusahaan.

1. Pembaca resume adalah segelintir orang yang paling cerdas dan paling skeptis. Para HRD biasanya mengetahui setengah dari yang mereka baca adalah kebohongan, melebih-lebihkan, setengah kebenaran, semantik dan sekadar trik format. Ingat, mereka membaca ratusan bahkan ribuan CV yang sama.

2. Sebagian besar pembaca resume hanya akan membaca resume secara cepat dan segera membuangnya jika mereka menemukan hal kecil yang tidak mereka sukai. Amplop atau email yang tidak disukai akan segera masuk kotak sampah. Mereka juga memilih tidak membuka file menjengkelkan, atau yang memakan waktu untuk dibuka.

3. Mereka lebih terkesan dengan resume kuat. Sebagian besar HRD mudah mengenali resume dengan kata kerja kuat. Sebab, kata kerja adalah kata tindakan. Sebagian lainnya menginginkan membaca angka-angka yang menunjukkan keseriusan Anda.

4. Tidak ada yang membaca secara rinci. Setiap HRD hanya menghabiskan waktu sekitar 20 detik atau kurang untuk tiap resume. Mereka akan mencari informasi tertentu dan akan memutuskan akan membaca lebih rinci atau tidak. Biasanya, pekerjaan dan gelar akademis menempati posisi pertama.

Keterampilan tertentu dan masa kerja juga diperhitungkan. Masing-masing HRD perusahaan punya prioritas tersendiri.

5. Mereka tidak tertarik pada tujuan pribadi dan karier Anda. Yang terpenting bagi mereka, bagaimana Anda bisa membantu perusahaan memecahkan masalah dan mencapai tujuan. Kerap perusahaan tidak menyadari kekuatan unik dan potensi yang bisa Anda berikan bagi perusahaan.

Jadi, bila Anda menulis resume jaga karakteristik agar sesuai dengan yang diperlukan pembaca. Berikan apa yang dicari pembaca resume. Tekankan salah satu atau beberapa kekuatan yang diprioritaskan dari resume. Dan, pastikan untuk mengingatnya, hingga Anda bisa mempertahankan saat panggilan wawancara. (umi)

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024