Ada Calon Walikota Miliki Harta Rp200 Miliar

Rupiah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Harta kekayaan salah satu calon wali kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rusdiansyah, mencapai Rp200 miliar lebih. Ini berarti sekitar 28 kali lipat dari harta kekayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang terakhir melaporkan memiliki kekayaan senilai Rp 7,144 miliar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Fitriyadi mengatakan, nilai harta Rusdiansyah itu didasarkan pada laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mereka terima pada tanggal 14 Mei 2010.

Angka pasti kekayaan Rusdiansyah adalah Rp200.795.950.000,-. "Terdiri dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, giro dan setara kas lainnya serta piutang," ujarnya.

Harta dengan nilai terbesar adalah tanah seluas 20 ribu hektare yang terletak di Kabupaten Tanah Laut, masih di Kalimantan Selatan, dengan nilai jual objek pajak mencapai Rp200 miliar lebih.

"Informasi yang kami terima, itu merupakan tanah warisan sejak tahun 1975," katanya seperti yang dilansir tvOne, Selasa, 18 Mei 2010.

Laporan harta kekayaan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarbaru didasarkan pada hasil verifikasi KPK pada Maret-April 2010, terhitung sejak pasangan calon menyerahkan daftar kekayaan sebagai salah satu syarat maju mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah Banjarbaru periode 2010-2015.

Saat dikonfirmasi, Rusdiansyah membenarkannya. "Tanah itu adalah warisan orang tua saya dan sesuai NJOP yang berlaku saat ini sebesar Rp1.000 per meter dikalikan luas tanah 20 ribu hektar, maka totalnya mencapai Rp200 miliar," katanya.

Dijelaskannya tanah yang berlokasi di Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut itu masih berupa tanah kosong. Dulu, ini merupakan kawasan hutan pekat (rotan). Nilainya dipastikan semakin tinggi apabila di dalamnya terkandung batu bara.

"Bisa mencapai triliun rupiah, tapi kami belum tahu apakah ada kandungan batu bara atau tidak," kata Rusdiansyah. (kd)

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Berita Favorit Lainnya:

1. Sudah Tersedia, Bunker Khusus Hari Kiamat
2. Pesan Terakhir Mama Lauren
3. Cek Kerahasiaan Pribadi Facebook Anda
4. Gerakan Anti Facebook Landa Australia
5. Anny Ratnawati, Calon Kuat Menkeu Baru
6. 15 Diet Terunik Sepanjang Sejarah
7. April 2010, Suhu Bumi Capai Rekor Terpanas
8. Amien Rais: Penahanan Susno itu Ancaman
9. Pelajaran dari Kisah Ayumi Bachin
10. Wow! Kambing Hasilkan Benang Laba-laba

Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024