Per Hari di Jakarta Tambah 240 Mobil Baru

Arus Lalu Lintas Macet di Jalan Gatot Subroto
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -  Gubernur Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa setiap hari sepeda motor yang beredar di jalan raya Jakarta bertambah 890 unit. Sedang jumlah mobil bertambah 240 unit.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Tambahan jumlah kendaraan itu, "Tidak berimbang dengan luas jalan," kata kata Fauzi dalam loka karya tentang masalah lalu lintas di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa 18 Mei 2010.

Bertambahnya jumlah kendaraan itu, kata Fauzi Bowo, lantaran ekonomi masyarakat kian membaik. Hingga kini jumlah kendaraan yang lalu lalang di Jakarta sekitar 6,5 juta unit.

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun

Dari jumlah itu, 98 persen di antaranya adalah kendaraan pribadi. Dan cuma dua persen saja yang merupakan kendaraan umum. Dua  persen itu, lanjut Fauzi Bowo, "Mengangkut 66 persen dari total penduduk Jakarta."

Kemacetan kian parah lantaran mobilitas warga Jakarta sangat tinggi. Menurut catatan pemerintah DKI, setiap hari terdapat sekitar 21 juta aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh warga ibukota.

Guna mengatasai kemacetan, pemerintah kini mengkaji sejumlah langkah terobosan. Antara lain kemungkinan penambahan infrastruktur jalan bersusun sampai penambahan jaringan angkutan massal seperti kereta api, MRT, dan monorail.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Langkah terobosan yang juga kini  sedang digodok pemerintah adalah pemberlakuan electronic road pricing (ERP).Semuaa kendaraan di jalur tertentu akan dikenai biaya. (wm)

Arsul Sani resmi dilantik sebagai Hakim Konstitusi MK

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono menyatakan, tidak ada larangan bagi Hakim Konstitusi Arsul Sani untuk menyidangkan PHPU Pileg, termasuk dari PPP

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024