Festival Seni Hindu Se-Nusantara di Solo

Hindu Tamil di Medan mengiring patung dewa Murga di Hari Thaipusam
Sumber :
  • Antara/ Septianda Perdana

VIVAnews - Mulai hari ini, umat Hindu se-Indonesia mengikuti Festival Seni Sakral agama Hindu di Solo. Festival yang berlangsung antara 15 Juni 2010 sampai 17 Juni 2010 ini mempertunjukkan tari sakral peribadatan agama Hindu dari sepuluh daerah di tanah air.

Ketua panitia, Sunarto, menjelaskan bahwa selain tari sakral, sebelumnya juga akan digelar pawai karnaval yang mempertunjukkan budaya masing-masing daerah peserta festival. Sedangkan jumlah peserta festival berjumlah 501 orang dari Lampung, Sumatera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat. Pawai karnaval yang mempertunjukkan budaya masing-masing daerah peserta festival.

"Sebelum pembukaan akan dilakukan karnaval yang diikuti seluruh peserta festival. Rute yang ditempuh dari Lapangan Kota Barat hingga Balaikota kira-kira menempuh jarak sekitar 4 kilometer. Pawai akan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah itu pukul 19.00 WIB dilanjutkan dengan pembukaan," kata Sunarto.

Pembukaan festival akan dilakukan langsung oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Pendapi Gedhe Balaikota Surakarta, sedangkan seluruh acara festival hingga penutupan akan digelar di komplek Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

"Pada pembukaan acara juga akan ditampilkan tari-tarian khas berbagai daerah. Selain penampilan kesenian BaliĀ  sebagai daerah mayoritas Hindu, juga akan ditampilkan kesenian dari Dayak Kaharingan yang merupakan warga Hindu di Kalimantan," ujar Sunarto.

Lebih lanjut, Sunarto, mengatakan festival tersebut baru pertama kali digelar. Festival ini direncanakan akan digelar tiga tahun sekali secara berpindah-pindah. Diharapkan dengan festival tersebut, komunikasi umat Hindu di tanah air akan semakin erat dan saling mengetahui kondisi di masing-masing daerah.

Sementara itu, ketua seksi festival I Nyoman Sukerna, mengatakan sejumlah seniman senior dari ISI Denpasar dan ISI Surakarta. Selain itu para juri juga diambil dari para pinandita.

Laporan Fajar Sodiq | Solo

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu
Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024