Hari Ini, 10 Pilkada di Sulawesi Selatan

Melipat surat suara Pilkada Makassar
Sumber :
  • Antara/ Adnan

VIVAnews - Sepuluh kabupaten di Sulawesi Selatan akan melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak pada Rabu, 23 Juni 2010.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Pemilukada akan diikuti lebih dari 2 juta pemilih yang telah tercatat dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) di sepuluh kabupaten tersebut.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsir Rahim, mengatakan, dari pantauan terakhir persiapan Pemilukada, sepuluh kabupaten sudah siap menggelar pesta demokrasi itu. Mereka adalah Kabupaten Selayar, Bulukumba, Gowa, Maros, Barru, Pangkep, Soppeng, Toraja, Luwu Utara dan Luwu Timur.

“Semuanya sudah tidak ada masalah, termasuk kertas suara, TPS dan kebutuhan lainnya. Laporan dari KPU masing-masing menyatakan siap menggelar Pemilukada besok,” kata Syamsir kepada VIVAnews, Selasa, 22 Juni 2010.

Berdasarkan catatan KPU Provinsi Sulsel, dari jumlah DPT yang ada, sebanyak 2.127.703 jumlah pemilih akan menggunakan hak suaranya di TPS. Pemilih terbanyak terdapat di Kabupaten Gowa dengan Jumlah pemilih 447.690 orang, disusul Bulukumba 320.148 pemilih, Maros 229.583 orang, Pangkep 220.315 orang dan Luwu Utara 204.805 orang.

Sedangkan pemilih yang tidak sampai 200 ribu orang yakni Kabupaten Soppeng 178.717 pemilih, kemudian Luwu Timur 164.685 pemilih, Toraja 147.274 pemilih dan Barru 124.712 pemilih. Sedangkan daerah yang paling sedikit DPT-nya adalah Kabupaten Selayar dengan 89.774 pemilih.

Lebih jauh, Syamsir mengimbau  agar seluruh yang terdaftar dalam DPT bisa menggunakan hak pilihnya guna memilih pemimpin yang dianggap sebagai calon pasangan terbaik. Hal itu penting sebab akan menjalankan amanah pemimpin daerah tersebut dalam lima tahun kedepan. “Kami sebagai KPU mengimbau kepada seluruh masyarakat di 10 kabupaten untuk tidak golput,” kata Nusrah lagi.

Syamsir juga mengajak masyarakat, tim sukses dan seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilukada agar menahan diri dan tidak terprovokasi untuk melakukan aksi anarkis jika ada masalah dalam proses Pemilukada tersebut. Syamsir mendorong agar seluruh pidana pemilukada diserahkan kepada kepolisian.

Laporan Rahmat Zeena | Makassar

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani membernarkan pertemuan Waketum Nasdem Ahmad Ali dengan Prabowo untuk minta dukungan di Pilgub Sulteng. Ia menegaskan Gerindra mendukungnya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024