Korea Selatan, Kebanggaan Benua Asia

Para pendukung Korea Selatan
Sumber :
  • AP Photo/Rick Bowmer

VIVAnews - Korea Selatan berhasil membuktikan diri kalau mereka punya modal kuat untuk bersaing dengan tim-tim besar dunia. Taeguk Warriors menjadi tim Asia pertama yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2010.

Hasil ini didapat setelah Park Ji Sung dan kawan-kawan menahan imbang Nigeria 2-2. Tambahan satu poin cukup untuk menempatkan Korea Selatan di peringkat kedua Grup B.

Secara konsisten Korea Selatan memang telah menunjukkan kalau mereka adalah tim elit benua Asia. Mereka menjadi negara Asia pertama yang pernah tampil di putaran final Piala Dunia saat ambil bagian pada Piala Dunia 1954.

Setelah itu, Korea Selatan sempat absen lama. Baru pada 1986 mereka tampil lagi di putaran final.

Korea Selatan adalah negara di Asia yang paling sering muncul di putaran final Piala Dunia yakni sebanyak tujuh kali. Korea Selatan juga merupakan negara Asia dengan prestasi terbaik ketika mereka mampu menembus semi final Piala Dunia 2002.

Saat itu seluruh Asia seakan bersatu mendukung Ahn Jung-Hwan dan kawan-kawan. Italia mampu mereka tekuk di 16 besar. Spanyol kemudian menjadi mangsa berikut di babak perempat final sebelum pasukan Guus Hiddink kalah dari Jerman di semi final.

Kini di Piala Dunia 2010, harapan untuk mengulangi prestasi 2002 kembali terulang. Pada 16 besar Korea Selatan akan menghadapi juara dunia dua kali, Uruguay, yang tampil sebagai juara Grup A.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024