Seleksi Calon Bos KPK, Pansel Gandeng UI

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Patrialis Akbar, menyatakan akan menggelar evaluasi final terhadap masukan masyarakat pada tanggal 27 Juli ini. Selanjutnya, Pansel menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk menyeleksi ke-145 calon pimpinan KPK yang telah mendaftar.

Kerja sama dengan UI tersebut dilakukan dalam hal penilaian terhadap makalah yang wajib disusun oleh para kandidat. "Pada tanggal 28 Juli, ke-145 calon akan menyusun makalah on the spot di Kemenkumham," ujar Patrialis sebelum rapat dengan Komisi III, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 21 Juli 2010.

Patrialis menjelaskan, tema makalah akan diberikan di tempat, sehingga para calon tidak mengetahui materi yang akan diujikan sebelumnya. "Peserta boleh membawa laptop dan buku referensi. Tapi laptop itu harus kosong. Waktu maksimal penyusunan makalah ialah empat jam. Namun boleh saja bila sudah selesai sebelum itu," kata Patrialis.

Selanjutnya, seluruh berkas makalah itu akan diserahkan ke UI untuk dievaluasi dan diperiksa selama lima hari. "Nama peserta akan kami potong supaya penilai tidak subyektif," tutur Patrialis. Dari evaluasi terhadap makalah itu, nantinya akan ada sejumlah calon yang gugur, sehingga calon yang masuk ke tahap selanjutnya akan menyusut jumlahnya.

Di tahap selanjutnya, peserta yang lolos akan menghadapi wawancara. Seusai wawancara, Pansel KPK akan menerjunkan tim untuk melakukan investigasi lapangan guna menyelidiki latar belakang dan reputasi masing-masing kandidat. "Harus dicek kebenaran data tentang masing-masing kandidat," tutup Patrialis.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?
Menhan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto menerima telepon dari Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (sumber foto: Tim Media Prabowo)

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Presiden terpilih Prabowo Subianto menepis tuduhan bahwa dirinya dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres 2024 dengan cara curang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024