Kasus Pajak, Menkeu Minta Maaf ke Rakyat RI

Menkeu Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf


VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan bangsa Indonesia atas berbagai kasus yang menimpa Direktorat Jenderal Perpajakan.

"Kami prihatin karena mengalami kasus beruntun yang menimpa kami," ujar Agus di Istana Presiden, Jakarta, Rabu, 21 Juli 2010.

Dia mengakui di masyarakat memang dikenal berbagai kasus yang melibatkan aparat pajak, seperti Gayus Tambunan, Bahasjim, serta kasus aparat pajak di Bandung dan Surabaya.

Atas dasar itu, Menkeu menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden sebagai Kepala Negara, serta kepada rakyat Indonesia. "Kami berjanji untuk memperbaiki ini."

Agus menekankan ada komitmen dari Kementerian Keuangan terkait pelanggaran hukum, maka pihaknya akan melakukan upaya penindakan. "Oknumnya juga akan ditindak tegas."

Selain itu, Kementerian Keuangan juga akan melakukan perbaikan aturan, sistem pengawasan, dan sumber daya manusia. "Kami akan lakukan perbaikan dan mohon agar kami dapat melanjutkan peran kami untuk memberi kontribusi atas terciptanya masyarakat adil, makmur, dan sejahtera."
 
Menurut dia, Kemenkeu akan terus menjalankan reformasi birokrasi, termasuk di Ditjen Pajak dan Bea Cukai. Itu  selaras dengan rencana strategis 2010-2014.

Di kantor pajak, Kemenkeu telah melaksanakan reformasi perpajakan jilid 1 dan kini dilanjutkan ke jilid 2 berupa reformasi di administrasi perpajakan, perbaruan UU dan pengelolaan wajib pajak.

Sedangkan, di Bea Cukai, Kemenkeu terus melakukan reformasi, khususnya berupa perbaikan di pelayanan dan pengawasan kantor-kantor Bea Cukai, memperbarui aturan-aturan, sistem informasi, sistem prosedur, dan perbaikan sumber daya manusia.

Dia menekankan kantor pajak dan bea cukai telah berperan besar dalam menyumbang penerinaan negara. Total yang berhasil dihimpun pada 2009 adalah tidak kurang dari Rp619 triliun. "Insya Allah, tahun ini bisa menghimpun Rp743 triliun."

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024