8 Besar Piala Indonesia

Persik Singkirkan Persija

Bambang Aliyudin (Persija/kiri) berebut bola dengan OK Jhon
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho

VIVAnews - Persik Kediri sukses melangkah ke babak semifinal Piala Indonesia 2010 berkat kemenangan 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion Brawijaya, Kediri, Rabu 21 Juli 2010. Persik lolos dengan agregat 5-4.

Setelah kalah 3-4 pada laga pertama, Persik tampil tanpa celah pada pertandingan laga kedua. Anak asuh Agus Yuono ini tidak memberi kesempatan Persija untuk mengembangkan permainan.

Bahkan tim Macan Putih ini sudah unggul 2-0 di babak pertama melalui gol sundulan yang dicetak Yongki Aribowo pada menit ke-34 dan gol kerjasama apik yang dicetak kapten Mahyadi Panggabean menit ke-39.

Dengan kemenangan ini maka Persik berhak lolos ke babak semifinal dan akan menghadapi antara Arema Indonesia dan Persib Bandung, yang baru akan bermain besok, Kamis 22 Juli 2010. Persik sendiri menjadi tim ketiga yang memastikan lolos ke babak semifinal setelah Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC.

Jalannya Pertandingan

Sejak awal babak pertama, baik Persik dan Persija menampilkan sepak bola terbuka. Namun, serangan yang dilakukan Persija selalu kandas ketika memasuki kotak pertahanan Persik. Justru tuan rumah yang mampu memanfaatkan peluang dengan sempurna.

Persik berhasil mencetak dua gol di babak pertama, dan gol pertama dicetak oleh Yongki Aribowo pada menit ke-34. Yongki berhasil membobol gawang Persija lewat sundulan terarah memanfaatkan umpan silang yang membuat publik Stadion Brawijaya bersorak.

Mahyadi Pangabean berhasil menggandakan keunggulan Persik pada menit ke-39 melalui kerjasama yang apik dengan Han Jiho, Mahyadi memanfaatkan umpan backheel sempurna untuk melepaskan tendangan menyilang yang tidak mampu dihentikan Roni Tri. Keunggulan 2-0 Persik bertahan hingga jeda babak pertama.

Di babak kedua pelatih Persija Benny Dolo memutuskan untuk memasukkan Aliyudin dan Ismed Sofyan untuk menambah daya gedor. Keduanya menggantikan M Ilham dan Leo Saputra yang permainannya tidak berkembang di babak pertama.

Masuknya Ismed dan Aliyudin membuat serangan Persija semakin gencar di awal babak kedua. Sejumlah tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Firman Utina dan Ismed hampir membuat gawang Persik bergetar.

Saktiawan Sinaga, yang baru masuk pada menit ke-61, hampir memperbesar keunggulan Persik dua menit kemudian. Memanfaatkan umpan silang, Saktiawan dengan cermat melakukan tendangan sambil menjatuhkan badannya. Tapi tendangan Saktiawan yang tidak mendapat pengawalan masih bisa diantisipasi Roni Tri hingga hanya membuahkan sepak pojok.

Pertarungan di lini tengah semakin menghiasi jalannya pertandingan memasuki pertengahan babak kedua. Dan justru pertandingan berjalan monoton dan minim peluang. Sebuah peluang sundulan Herman Abanda, yang lebih banyak meninggalkan posnya, pada menit ke-81 juga masih menyamping.

Persija lebih banyak menguasai bola di sepuluh menit pertandingan, namun Macan Kemayoran seperti kehilangan akal untuk membongkar pertahanan Persik. Tendangan Erik Setiawan dari luar kotak penalti pada menit ke-87 belum juga mampu membuahkan gol bagi Persija. Hingga pertandingan usai Persija gagal mencetak gol.


Susunan Pemain:

Persik Kediri: Fauzi Toldo; Tito Purnomo, Harianto, OK John, Mahyadi (Dodit Efendi, 90'); Legimin Raharjo, Jefri Dwi Hadi, Han Jiho (Saktiawan Sinaga, 61'), Mekan Nasyrov (Khusnul Yuli, 57'); Yongki Aribowo, Zhang Zhuo.

Persija Jakarta: Roni Tri; Leo Tupamahu, Herman Abanda, Pape Toure, Leo Saputra (Ismed Sofyan, 46') ; Firman Utina, Mustafic Fachrudin, M Ilham (Aliyudin, 46'); Serge Emalue (Erik Setiawan, 80'), Bambang Pamungkas, TA Mushafry.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024