RI Kerja Sama dengan Lembaga Pensiun Dunia

Menkeu Agus Martowardojo Umumkan Hasil G20
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkuat kerja sama di bidang asuransi dan dana pensiun dengan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike

Selain kedua bidang itu, kerja sama juga diarahkan pada isu-isu strategis di bidang pasar modal, debt management, dan isu-isu keuangan lainnya.

"Kami percaya nota kesepahaman ini akan memberikan keuntungan, terutama untuk Kementerian Keuangan, ahli, dan analis," ujar Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, dalam sambutan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) Kemenkeu dan OECD di Gedung Kemenkeu, Jalan Wahidin, Jakarta, Selasa 27 Juli 2010.

Untuk diketahui, OECD adalah organisasi internasional yang fokus pada pengembangan program pensiun untuk pekerja. OECD ini juga telah mengeluarkan berbagai pedoman berupa OECD Recommendation on Core Principle of Occupational Pension Regulation.

Pedoman ini menjadi tolak ukur untuk menilai kualitas pengaturan dan penyelenggaraan program pensiun.

Agus mengharapkan, MoU antara kedua pihak ini juga memunculkan kesempatan untuk mendorong penerapanan OECD methode di Indonesia.

Indonesia dan OECD sebetulnya pernah menjalin kerja sama sejak dimasukannya Indonesia sebagai negara OECD Enhanced Engagement Program pada 2007. Indonesia masuk bersama China, India, Brazil, dan Afrika Selatan.

Sementara itu, Deputi Sekretaris Jenderal OECD, Richard A Boucher, menambahkan, Indonesia selama ini merupakan mitra utama bagi OECD. "Indonesia merupakan yang keempat dalam penandatanganan MoU ini," kata dia.

Richard berharap, kerja sama kali ini bisa meningkatkan hubungan kedua pihak, terutama dalam berbagi pengalaman pengelolaan di bidang keuangan sehingga bisa menjadikannya sebagai best practices.

"MoU hari ini memberikan kami kesempatan untuk kerja sama dalam berbagai isu keuangan baik tingkat regional maupun internasional," ujar dia. (art)

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya
Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024