BLU: Pelecehan Seks di Busway Sulit Dicegah

Antrian Penumpang Transjakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kepala Pengendalian Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Gunarjo, mengaku kesulitan mencegah pelecehan seksual terhadap penumpang di halte maupun bus Transjakarta.

“Sebenarnya, kami sudah mengusahakan hal ini tidak terjadi, tapi bagaimana kami tahu secara detail perilaku dan kepribadian tiap penumpang,” kata Gunarjo kepada VIVAnews.com, Selasa 3 Agustus 2010.

Tetapi, kata Gunarjo, BLU tidak akan putus asa menyadarkan penumpang agar waspada terhadap pelecehan seksual yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Upaya pencegahan yang dilakukan di antaranya meluncurkan stiker 'Menumpang Aman di Busway’. Selain berisi tips aman dari pelecehan seksual, stiker ini juga tips aman dari tindakan kriminal. Bahkan, belum lama ini, BLU juga mengerahkan petugas wanita yang ditempatkan di halte-halte, khususnya yang banyak antreannya.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual dan tindakan kriminal di dalam bus ialah dengan mematuhi imbauan petugas. Misalnya jangan berdesak-desakan di pintu bus.

“Kalau merasa mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan, sebaiknya pindah ke sisi lain. Kalau perlu, lapor ke petugas untuk kemudian dapat kami tindaklanjuti,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pelecehan seksual kembali menimpa dua perempuan, masing-masing berinisial DW (22 tahun) serta NN (23 tahun), pada Senin, 2 Agustus 2010. Mereka adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dan Universitas Trisakti.

Pelakunya adalah DA, seorang PNS di Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pelecehan dilakukan saat bus Transjakarta melaju dari  Cempaka Putih menuju Harmoni.

Sebelumnya, pelecehan seksual juga menimpa mahasiswi, TS, 19 tahun, Selasa 13 Juli 2010 pukul 09.30 WIB. Pelakunya Noor Adhim, 39 tahun, warga Kudus, Jawa Tengah.

Kasus terjadi ketika TS menumpang Transjakarta jurusan Pulogadung-Harmoni yang sedang padat penumpang.

Kasus perbuatan tidak senonoh juga menimpa DN, 33 tahun, Senin 5 Juli 2010 pukul 21.44 WIB. Pelakunya Pitoyo, 59 tahun, warga Perumahan Griya Bukit Jaya Blok F, Gunung Putri, Bogor.

Kasus itu terjadi ketika DN menumpang bus Transjakarta koridor 1 jurusan Kota – Blok M.

Kasus serupa juga terjadi pada Sabtu 5 Juni 2010. Saat itu, korban bernama Foni, 31 tahun, dilecehkan Anton Susanto, 32 tahun, pada waktu hendak naik bus Transjakarta. (umi)

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Kebakaran yang melanda toko frame, bernama Saudara Frame, menyebabkan 7 korban jiwa meninggal dunia seketika di lokasi. Api melahap dengan cepat ke seluruh toko 4 lantai.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024