Gangguan Tidur, Sinyal Awal Penyakit Otak

Tidur
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Mimpi biasanya terjadi dalam keadaan tubuh 'lumpuh', yakni tidak adanya gerakan otot tubuh. Namun, gangguan selama tahapan mimpi dengan adanya  gerakan tubuh mengindikasikan adanya gejala penyakit yang berhubungan dengan otak di masa datang.

Orang yang melakukan gerakan tangan selama tidur, seperti memukul, menurut prediksi pakar memiliki kelainan dan gejala penyakit di otak mereka.

Seperti dikutip dari Daily Mail, sebuah riset yang diterbitkan jurnal medis Neurologi membuktikan otak pasien dengan gangguan tidur (REM) rentan terkena gejala kelainan otak minimal dalam kurun waktu 15 tahun. Gangguan otak yang berkembang antara lain Parkinson, demensia sindroma Lewy yang mirip dengan Parkinson.

Penulis studi Dr Bradley Boeve, dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, mengatakan gangguan tidur dan munculnya gejala penyakit berkisar 50 tahun sejak adanya gangguan tidur dengan rentang rata-rata 25 tahun.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024